Integritas PEMIMPIN

INTEGRITAS PEMIMPIN.
BAG I.

PRAKATA:

A.
1. Integritas. Kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu “Integer” dan dipercaya sudah digunakan sejak abad ke 14.

2. Kata “Integrity” muncul 22 kali di NIV. Diantaranya 3 di perjanjian baru.
3. Di Perjanjian Lama ada 3 kata Ibrani untuk Integritas
“tamin” “tom” and “tam”
B.
1. Definisi : Integritas – Kesempurnaan, Keutuhan/komplet, Kekurangan.
Tidak begitu memerlukan kesempurnaan..
2. Definisi : Menguasai dan dengan tabah memiliki moral yang tinggi.
Prinsip atau Standar yang professional.

C.Ini Alasan yang Alkitabiah bagi Pemimpin berintegritas

1.Setiap orang Multidimensi. Lukas 2:52
a.Intelektual
b.Fisik.
c.Kerohanian/Spiritual.
d.Sosial.

2.Pemimpin pemimpin menerima berkat ilahi.
a.Karunia menurut 1 Korintus 12: 7-11 dan
Roma 12:6-8
b.Beberapa dipanggil dalam 5 bagian dalam pelayanan. Efesus 4:11

3.Setiap Pemimpin mempunyai kesanggupan secara alami.
Aku bersyukur kepadaMu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
Mazmur 139:14

4. Setiap pemimpin telah belajar mendapatkan skill dan atau kemampuan/kompetensi yang kusus.
5.Setiap pemimpin memiliki ketertarikan.
Note: Kita mempunyai kecenderungan melihat hidup kita seperti sebuah seri dlm banyak kotak. Satu kotak untuk keluarga kita, yang lain untuk pekerjaan hidup, lainnya untuk melayani dan lainnya untuk Berkat/Anugerah ilahi yang maksimal. Ketika kita melihat hidup kita dengan cara ini, disitulah tidak ada integritas diantara bidang bidang tersebut. Karena itu kita mempunyai kecenderungan menerapkan peraturan yang berbeda disetiap bidang/areal tersebut. Jadi Kehidupan Rohaniku didedikasikan kepada Tuhan, pekerjaanku harus didedikasikan memenuhi standar perusahaan, Keluargaku dengan adat/budaya.
Note: Mengintegritaskan disetiap bagian/areal didalam hidup kita sangat diperlukan untuk menuju integritas.
BAGIAN II

D. TANTANGAN DALAM INTEGRITAS.

1.Paulus . Daging dan Roh bertentangan. “ Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.” Roma 7: 15
“Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki”. Galatia 5:17
Note: “Seorang yang kamu beri makan akan bertumbuh lebih kuat “
2.Ayub diperhadapkan tantangan melalui kekayaan, keluarga, kesehatan, teman/sahabat dan penyembahan.
a.Kekayaan,Ayub 1:13-17.
“13. Pada suatu hari, ketika anak anaknya yang lelaki dan yang perempuan makan-makan dan minum anggur di rumah saudara mereka yang sulung, 14. datanglah seorang pesuruh kepada Ayub dan berkata: Sedang lembu sapi membajak dan keledai-keledai betina makan rumput disebelahnya,15.datanglah orang orang syeba menyerang dan merampasnya serta memukul penjaganya dengan mata pedang. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukanhal itu kepada tuan.16. Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: “ Api telah menyambar dari langit dan membakar serta memakan habis kambing domba dan penjaga- penjaga. Hanya aku sendiri yang luput sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan.” 17. Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata:” Orang-orang Kasdim membentuk tiga pasukan, lalu menyerbu unta unta dan merampasnya serta memukul penjaganya dengan mata pedang. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan.”

b.Keluarga.
“18. Sementara
ng itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: “Anak–anak tuan yang lelaki dan yang perempuan sedang makan–makan dan minum anggur dirumah saudara mereka yang sulung, 19. maka tiba-tiba angin ribut bertiup dari seberang padang gurun: rumah itu dilandanya pada empat penjurunya dan roboh menimpa orang- orang muda itu, sehingga mereka mati. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan.” Ayub1:18-19

“9 Maka berkatalah isterinya kepadanya:”Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah! Ayub 2:9

c. Kesehatan.
“7. Kemudia Iblis pergi dari hadapan Tuhan, lalu ditimpanya Ayub dengan barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya.
8 Lalu Ayub mengambil sekeping beling untuk menggaruk – garuk badannya, sambil duduk ditengah tengah abu. “
Ayub 2:7-8
d. Sahabat. Respon Elifas. Ayub 4.
Note: “ Tinggal tetap dalam hidupmu sehingga saat keluargamu yang berpengaruh terhadap Yesus berfikir tentang keadilan, kepedulian, loyalitas pada Tuhan dan integritas akan mengingatkan kamu.

3.Yesus Kristus.
Sebagaimana 100 persen manusia, Dia ditantang di setiap arel kehidupan.
a.Peristiwa yang paling menarik. ( dia lapar setelah 40 hari berpuasa ) Matius 4:3-4.
b.Yesus berkata kepadanya:”Ada tertulis;jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu.”
“Hasil manusia berlawanan hasil dari Tuhan.”
c.Hal yang Sementara.
Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis. Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah, Tuhan Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
Matius 4:8-10
Note: “Memilih pikiran dan tindakan yang berdasar pada Firman Tuhan lebih dari budaya, tradisi, keuntungan pribadi . Itu adalah integritas.

BAGIAN III
KARAKTER DAN INTEGRITAS YANG ALKITABIAH:

E. Daniel.
“3. Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
4 Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.
5 Maka berkatalah orang-orang itu: “Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!” Daniel 6:3-5

Note: “Siapapun yang tidak bertanggung jawab dalam kebenaran yang kecil ; ia tidak akan dipercaya dalam hal yang penting.”
F.Joseph.
“9 bahkan di rumah ini ia tidak lebih besar kuasanya dari padaku, dan tiada yang tidak diserahkannya kepadaku selain dari pada engkau, sebab engkau isterinya. Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah?”
10 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia. Kejadian 39:9-10

Note: “Seorang berintegritas bertahan untuk jujur dengan terus terang, loyal/setia kepada Tuhan yang dalam Alkitab “

G.Ayub.
“Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu.
Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingku pun aku akan melihat Allah, Ayub 19:25-26
Note: “ Integritas adalah memilih yang penting dari yang mendesak.”
Apa yang kita pelajari dari Daniel adalah untuk orang Kristen tetapi lebih dari itu untuk pemimpin, integritas adalah cara hidup Kriten yang konsisten. Semua yang hidup itu dibawah kepemilikan Yesus Kristus. Yang artinya seorang yang punya integritas harus hidup dibawah standarnya Tuhan di setiap apa yang kita lakukan.
Bagian IV.
MEMBANGUN INTEGRITAS
H. Integritas itu bertumbuh dan ditunjukkan dengan prilaku yang disiplin.
a.Setiap hari kita membuat keputusan.— Apa yang kita lakukan dan bagaimana kita hidup. Hidup kita harus mencerminkan dimana kita di atur oleh undang undang sepenuhnya kita tidak boleh langgar. Yosua 24:15 and Rut 1:16.

b.Kita adalah apa yang kita pilih dan kelakuan itu dampak dari pilihan tersebut. Kita mendapatkan intelektual, emosional, kerohanian, pelayanan, atau keputusan keluarga yang berkaitan dimana membawa standar lebih tinggi dalam hidup kita.

I. Integritas yang bertumbuh dan ditunjukkan Prilaku yang bertekad.
a.Kunci dari Integritas menentukan perasaan kebutuhan yang mendalam. Atau terarah yang mana tidak menyerah pada tekanan usia – dapat diidentifikasi/ dibuktikan lebih tinggi dari rendah, terbaik dari yang jelek, Sempurna dari yang sedang sedang aja.

b.Pencapaian transformasi yang bersumber pada Kristus. Berpendirian kepada Firman Tuhan dan mencari kemampuan ilahi dan berkata,
“ Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan. (2 Timotius 1:12, ).

Note: “Integritas itu aliran sungai yang mana karakter itu mulai tumbuh terpelihara dan berkembang dengan baik.” Mazmur 1: 1-3

Bagian V
MANFAAT INTEGRITAS
1.Memelihara pemimpin untuk fokus pada tugas.Mazmur 78: 70-72.
2.Integritas adalah sumber stabilitas/kemantapan dan konsisten. Markus 12: 14-15.
3.Menuntun Pemimpin tsb. Amsal 11:3
4.Melindungi perkembangan pemimpin. Amsal 10:9
5. Melindungan dari sasaran tipu muslihat dan dosa. Kejadian 20:1-6.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s