Doa supaya jangan jatuh dalam pencobaan

Doa supaya jangan jatuh dalam Pencobaan  Lukas 22: 40.
Ketika saya membaca ini ayat ini dan memperhatikan doa doa saya. Kebanyakan doa kita hanya untuk  berkat dan perlindungan, tapi bukan untuk menang dari Pencobaan. Ketika Yesus berada di taman Getsemani atau bukit Zaitun, yang dilakukan oleh Yesus adalah berdoa. Yesus mengetahui waktunya sudah dekat yaitu Dia harus menanggung penderitaan dan merelakan rencana Tuhan ada dalam hidupnya.  Begitu beban yang berat menanggung dosa seisi dunia, lalu apa yang dimaksud dengan Berdoa supaya jangan jatuh dalam Pencobaan.
1.      Mencobai kondisi Tubuh anda.
Yesus sebagai manusia yang sama seperti kita hanya dia tidak berdosa akan menghadapi penderitaan sampai mati dikayu salib. Ay 42” Ya Bapa kalau Engkau mau, ambilah cawan ini dari padaKu, tetapi bukan kehendakKu melainkan kehendakMulah yang jadi.”
Tubuh kita mempunyai kecenderungan untuk melakukan hal yang nyaman, enak, menyenangkan. Apabila kita dapat pelayanan yang tidak menyenangkan baik dari makanan, tempat tinggal atau hal yang lain pastikan kita memperjuangkan untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik.
Yesus tidak datang  ke dunia untuk mencari kenyamanan, kemewahan dan harta duniawi, tapi Yesus melakukan Misi yaitu menyelamatkan Dunia dengan rela mati menggantikan dosa manusia.
Antara Kehendak Daging kita dan kehendak Tuhan itu ada pergumulan. Janganlah kita karena kesenangan dunia gagal melakukan kehendak Tuhan.  Jangan gara gara harta kita tidak melayani, tidak menjangkau jiwa, tidak mengerjakan kehendak Tuhan.
 
·        Melayani dalam keadaan sakit. Galatia 4:13-14.
–        Rasul Paulus mengalami pencobaan yaitu sakit. Dalam keadaan sakit dia memberitakan injil di Galatia. Perhatikan dalam KEADAAN SAKIT. Biasanya dalam keadaan sakit, kita istirahat dirumah. Antara Tubuh dan pelayanan, antara Tubuh dan kehendak Tuhan itu berbeda. Itu sebabnya kalau orang yang melayani masih menginginkan kesenangan tubuh maka dia pasti tidak akan mengikuti kehendak Tuhan. Karena kehendak Tuhan itu terkadang membuat rasa sakit di Tubuh.
–        Berbahagia dalam penderitaan. 1 Petrus 4:13-17
Ada berkat Tuhan yang diberikan bagi orang yang menderita untuk Tuhan. Penderitaan karena mencuri atau berbuat jahat tidak menerima pahala. Kita tidak usah malu apabila menderita karena Kristus, karena Allah menghakimi setiap manusia dan penghakiman itu dimulai dari rumah Allah.
 
2.      Mencobai Integritas .
Pecobaan itu akan membuat anda menang atau menarik anda ke dalam dosa.
a.      Ayub 2: 10, “ .. dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya.” Ayub menghadapi cobaan dimana harta dan anaknya habis dan kesehatannya terganggu. Dalam keadaan ini tentunya Istri Ayub yang mengharapkan harta, uang, dan sebagainya menganggap itu suatu KEGAGALAN.  
Pencobaan yang dihadapi oleh Ayub:
a.      Harta. B. Kesehatan. C. Sahabat. D. Keluarga
Ayub itu setia, jujur dan hidup Saleh. Kategori ini jika tidak menghasilkan berkat atau uang maka Akan membuat orang kecewa.  
** Note: JIka engkau Jujur, hidup dalam kebenaran Firman Tuhan. Dan disaat anda bertekun dalam kekristenan anda didapati bahwa berkat itu belum terwujud maka  tidak mengherankan orang Kristen tidak lagi bertekun dalam kesalehan atau setia pada Tuhan lagi. Itu sebabkan karena ukuran kesuksesan karena harta.
Mereka tidak mengerti apa yang menjadi rencana Tuhan dalam kehidupannya, maka ukuran kesuksesan itu bukan dari harta.
 
3.      Doa Yabes tentang pencobaan. 1 Taw 4 : 9-10
Arti Yabes adalah sakit. Karena ketika ibunya melahirkan Yabes mengalami rasa sakit yang sangat.  itu sebabnya Yabes sering menerima ejekan/sindiran karena nama itu. Ada hal yang menarik dalam doa Yabes yaitu Berkat dengan meluaskan daerahnya, selain itu Jauhkan dari pencobaan/ kesulitan atau malapetaka sehingga tidak menimpa aku.  Yabes tidak saja berdoa tentang berkat Tuhan tapi dia berdoa supaya dijauhkan Tuhan malapetaka atau hal yang lain.
Mazmur 121:7-8
4.      Doa Bapa kami dan pencobaan. Matius 6:13.
Di dalam doa tersebut ada dikuduskan namaMu, datanglah kerajaanMu…
Bapa kami yang ada di surga
Dimuliakanlah nama-Mu
Datanglah Kerajaan-Mu
Jadilah kehendak-Mu
Di atas bumi seperti di dalam Surga
Berilah kami rejeki pada hari ini
Dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan
Tetapi bebaskan kami dari yang jahat
[Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s