Roma 1 : 3-15 TENTANG YESUS DAN KASIH KARUNIA

TENTANG YESUS
Tentang AnakNya: Berbicara tentang Yesus. Secara jasmana dia keturunan Daud, didiperanakan namun bukan melalui proses biologis tapi oleh karena Roh Kudus.( Matius 1:18 ) Inilah yang sulit diterima oleh Akal Manusia. Yohanes 1: 11. “ Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi orang orang kepunyaanNya itu tidak menerimaNya” Ini berbicara bahwa Tuhan itu datang sebagai wujud manusia, namun manusia tidak menerima DIA.
Point Penting: * Yesus diperanakan ( melalui Roh Kudeus ), * Yesus itu manusia dan juga Allah.
Ay 4,” Menurut Roh Kekudusan dinyatakan oleh kebangkitanNya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus” Inilah yang membedakan bahwa Yesus itu bukan hanya jmanusia, tapi Dia Tuhan. Karena Dia mempunyai kuasa bangkit dari antara orang mati. Memang dia benar manusia, bukan hanya manusia sempurna; Dia adalah Tuhan yang sempurna.
Apakah anda mengalami dan merasakan Kuasa Tuhan ? Apakah anda mempunyai hubungan pribadi yang bernama Yesus. Apakah anda menganggap bahwa Yesus itu hanya manusia saja?

KASIH KARUNIA
Ayat 5,” Dengan perantaraanNya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa, supaya mereka percaya dan taat kepada namaNya.”
Hanya melalui Yesus saja, kita dapat Kasih Karunia bukan melalui manusia… Manusia membutuhkan Kasih Karunia karena manusia berdosa, Manusia gagal, manusia sakit, frustasi, dan terikat oleh belenggu. Melalui Kematian Yesus kita mendapat Kasih karunia dilepaskan dari keterikatan, dibebaskan dari hutang, dosa,penyakit dan semua hal yang membelenggu kita. Pengajaran sesat mengatakan bahwa Yesus hanya diutus saja, Yesus manusia sempurna, Yesus bukan Tuhan… mereka tidak mengerti bahwa Penyucian dosa hanya bisa dilakukan melalui Yesus.

Apa yang dilakukan manusia ttg Kasih karunia:
1.Menerima Kasih karunia itu dengan percaya Yesus yang mati di Kayu Salib.
2.Dengan Kasih Karunia melakukan Tugas dari Tuhan. Rasul Paulus yang menerima kasih karunia: dia seorang yang memenjarakan orang Kristen, dijamah dan dipulihkan Tuhan. Sekarang R Paulus menjadi pemberita injil.

•Pengajaran yang salah sekarang: Kasih karunia menjadi alasan untuk berbuat dosa. Kasih karunia menjadi alasan untuk tidak melayani. 1 Korintus 15: 10 ( bekerja lebih keras )
•Penting ttg Pelayanan: 2 Tim 2: 15, “ Usahakan supaya engkau layak dihadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu,…” Kata Usahakanlah berbicara ttg kemampunan yang diasah terus, dilatih, diajar melalui kursus, pelatihan, pembinaan, buku.
Layak artinya Pantas menjabat pelayanan. Seperti paulus menjabat Rasul.
Contohnya kalau anda dijadikan menteri oleh Kabinet JOKOWI. Apakah anda pantas tidak ya.
Ayat 8, Pertama tama aku mengucap syukur kepada Allahku oleh Yesus Kristus atas kamu sekalian, sebab telah tersiar kabar tentang imanmu di seluruh dunia”
Apa yang dimaksud Iman: Ibrani 11. Tokoh Iman atau Pahlawan Iman. Dari jaman Abraham sampai saman sekarang banyak Pahlawan Iman.
Ketemu dokter di Papua. Dia lulusan dari Semarang, dia mau diutus di daerah pedalaman Mamid yang mana tidak ada listrik, tidak ada jalan, dan harus jalan ketiga tempat yang dia akan kunjungi. Dengan kegigihannya, tidak ada air dan mau jalan sampai 9 jam… inilah yang dimaksud iman. Dia tidak memilih kota tapi dia mau melayani.
Iman itu bukan cukup percaya. Tapi mau berkorban karena KEPERCAYAANNYA. Kalau percaya tidak mau berkorban itu hanya PENONTON.
Ayat 9. “Karena Allah yang kulayani dengan segenap hatiku…” Melayani Tuhan bukan sekedar tapi harus dengan segenap hati anda. Tuhan ingin melihat hati untuk melayani. Anda bisa melayani tanpa hati, melayani seperti Marta.. mengomel, bahkan memarahi YESUS.
Ayat 10. “Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan mengunjungi kamu. “
Berdoalah untuk kesempatan.
Ayat 11. “…Menguatkan kamu.” Memberikan dorongan ditengah tengah iman yang sedang diperjuangkan. Terkadang Manusia lemah, kehadiran paulus untuk menguatkan Iman anak Tuhan di Roma. * Penting sekali anak Tuhan memberikan dorongan atau menguatkan mereka yang sedang berjuang dalam Iman.
Ay 14. “ Aku berhutang baik kepada orang Yunani, maupun kepada orang bukan Yunani, baik kepada orang terpelajar, maupun kepada orang tidak terpelajar.”
Yang dimaksud HUTANG bukan berarti Paulus pinjam uang kepada mereka. R Paulus setelah menerima kasih karunia diberikan MANDAT oleh Tuhan atau diberikan TUGAS untuk melakukan ini. Tugas yang belum selesai itulah disebut HUTANG yaitu Rasul Paulus mau menyelesaikan Tugas yang Tuhan berikan kepadaNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s