BERAKAR DALAM KRISTUS ( Matius 13: 21, Lukas 8 : 13 )

Saya teringat ketika guru sekolah SD menyuruh siswanya untuk membawa tanaman ke sekolah.  Waktu itu saya didepan rumah ada sebuah pohon mangga, dan tanpa pikir panjang saya potong pucuk rantingnya dan saya tanam pot yang terbuat dari Kaleng.  Setiap tanaman yang dibawa oleh siswa dijajar di depan sekolah untuk memperindang suasana kelas. Keesokan hari saya melihat tanaman saya sudah mongering, dan hari demi hari menjadi kering, dan tanpa sepengetahuan saya tanaman saya dibuang oleh guru lain.

Tanaman yang saya bawa cepat layu karena tidak ada akarnya. Kekuatan tanaman itu terletak pada akarnya, dan akar itu memberikan pertumbuhan. Semakin akarnya kuat maka semakin  kuat pohon itu, apabila pohon itu mempunyai akar yang dalam dan kuat maka sulit untuk di cabut, namun apabila akarnya tidak dalam akan mudah untuk dicabut.

Fungsi Akar:

  1. Memberikan Pertumbuhan. Karena akar mencari makanan/ air untuk mensuplai makanan. Apabila tanaman tidak ada akarnya atau akarnya tidak dalam maka tidak ada suplai yang cukup bagi tanaman itu. Tanaman itu cepat layu dan mati.

Yeremia 17: 7 “ diberkati orang yang mengandalkan Tuhan yang menaruh harapan pada Tuhan Ia akan seperti Pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akarnya ke tepi batang air. “

–          Kehidupan Kristen harus berakar dalam sampai menemukan sumber air Kristus. Disitulah ada damai, suka cita, pertolongan Tuhan, ada sumber air yang ajaib.

Suatu waktu ada seorang pendeta datang kepada saya meminta bantuan untuk kebutuhan keluarganya, saya berkata kepada pendeta ini. Kita punya Alkitab yang sama, dan sumber yang sama yaitu Kristus. Persoalannya kenapa pendeta ini hidup dalam kekurangan. Ini disebabkan karena Persekutuan dia dengan Tuhan tidak begitu mendalam sampai menemukan sumber air yang hidup.
2. Memperkokoh.

2 Timoutius 4 : 10-11. ”  Demas meninggalkan pelayanan yang ditugaskan oleh Rasul Paulus karena tertarik oleh Dunia.

Demas seorang pelayanan Tuhan. Nama Demas berarti Populer. Melihat dari namanya tentunya setiap manusia ada kalanya menginginkan kepopuleran. Ketika ajakan untuk menderita, dan melayani Tuhan, berarti orang tersebut siap untuk tidak populer. Siap untuk melakukan pelayanan yang tidak diperhatikan oleh orang Lain. Siap melayani tanpa di gaji, tampa pamrih, tanpa dikasih imbalan. Hanya kita dengan Tuhan, dan hanya Berkat dari Tuhanlah yang memberikan pemenuhan kebutuhan kita.

Demas tidak menyadari arti pelayanan, kehidupan pelayanan tidak berakar didalam Tuhan. Ada keinginana duniawi yang ingin dicapai oleh Demas.

Luk. 21:34“Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

Kita mengira bahwa kita masih muda dan masih banyak waktu untuk hidup, namun ketahuilah ada banyak orang muda yang mati dalam usia yang muda. Hari Tuhan akan datang secara tiba – tiba tanpa kita sangka.

Note: Jemaat Tuhan, apakah anda berakar di dalam TUhan. Apakah anda mempunyai persekutuan yang erat dengan Tuhan. Doa dan renungan pagi secara pribadi dengan Tuhan. Apakah anda mempunyai komunikasi dengan Tuhan. Apakah anda membaca Firman Tuhan secara pribadi dengan Tuhan. Apakah anda mau taat dengan Tuhan., Apakah anda mau bersaksi. Apakah anda ijinkan Roh Kudus dalam hidupmu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s